Image result for international baccalaureate

Sebelum Anda memahami mengenai mata pelajaran yang ada dalam Program Diploma (DP) Kurikulum International Baccalaureate, Anda perlu memahami terlebih dahulu komponen inti yang ada sebelum akhirnya tercipta berbagai kelompok mata pelajaran dan berbagai mata pelajaran yang ditawarkan. Untuk itu, mari simak penjelasan berikut ini.

 

Komponen Inti

Ada tiga komponen inti yang harus diselesaikan secara mandiri oleh siswa, tetapi tetap dipantau oleh pengawas terlatih dalam Program Diploma (DP) yang digunakan oleh berbagai sekolah internasional di Jakarta dengan Kurikulum International Baccalaureate. Salah satunya, yaitu Sinarmas World Academy. Komponen tersebut adalah:

  • Creative, Action, Service (CAS)

CAS melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan di samping studi akademis mereka di seluruh Program Diploma. Di sini siswa akan menyelesaikan serangkaian kegiatan di luar ruang kelas yang dirancang untuk membantu siswa berkembang pada tingkat pribadi, serta memberi mereka waktu untuk tidak belajar. Tidak hanya itu, tiga poin CAS ini juga akan membantu siswa meningkatkan pengembangan pribadi dan interpersonal siswa melalui pembelajaran pengalaman dan memungkinkan perjalanan penemuan jati diri.(Baca Juga: daftar sekolah di BSD paling favorit)

  • Kreativitas (Creative): Ini bisa berupa belajar instrumen, berakting dalam drama, atau menulis cerita pendek.
  • Tindakan (Action): Ini umumnya kegiatan yang berhubungan dengan olahraga, dan dapat mencakup kegiatan olahraga yang kurang umum seperti panjat tebing.
  • Layanan (Service): Siswa dapat menjadi sukarelawan atau terlibat dengan badan amal.
  • Theory of Knowledge (TOK)

Ini adalah kelas filosofi di mana Anda secara kritis memeriksa pengetahuan dan bagaimana itu dapat diterapkan pada berbagai situasi kehidupan nyata. Para siswa akan menyelidiki beberapa pertanyaan yang cukup luas seperti “Bagaimana kita tahu apa yang kita ketahui?” Dan “Apa cara mengetahui yang berbeda?”. Pertanyaan seperti ini tidak memiliki jawaban konkret, jadi ini memaksa para siswa untuk menggali lebih dalam dan berpikir kritis, serta mengidentifikasi asumsi yang Anda buat dan bias yang Anda miliki yang dapat mengaburkan cara Anda memandang dunia. Dalam melatih pemikiran kritis ini, siswa ajak menyelidiki dan memperdalam pemahaman mereka tentang pengetahuan sebagai konstruksi manusia.

  • Extended Essay (EE)

Extended essay meminta siswa untuk terlibat dalam penelitian independen melalui studi mendalam tentang pertanyaan yang berkaitan dengan salah satu mata pelajaran DP yang mereka pelajari.

 

Itulah 3 komponen inti yang ada dalam Program Diploma (DP) Kurikulum International Baccalaureate sebelum akhirnya tercipta berbagai kelompok mata pelajaran dan berbagai mata pelajaran yang ditawarkan. Untuk Anda yang ingin bersekolah atau menyekolahkan anak Anda di sekolah internasional, maka Anda dapat mempertimbangkan Sinarmas World Academy, yang merupakan internasional school Jakarta berkelas dunia tidak hanya dalam hal kurikulum dan metode, tetapi juga dengan teknologi dan fasilitas yang canggih.

 

Baca Juga: Popularitas international school jakarta semakin lama semakin naik.