Langkah Akurat Memilih Suvenir Pernikahan
Suvenir pernikahan mungkin bukan hal pertama yang terlintas di pikiran calon pengantin saat hendak merencanakan pernikahan. Sedangkan, memilih suvenir pernikahan juga membutuhkan ketepatan. Karena, uang yang mesti dikeluarkan untuk suvenir pernikahan terbukti tak sedikit, lho. Nah, apa saja yang mesti dicermati saat memilih suvenir pernikahan?

1. Budget

Jatah budget tentu menjadi hal pertama yang mesti diatur. Jangan lupa mengalikan harga satuan souvenir dengan jumlah tetamu undangan. Kalau telah mempertimbangkan jatah budget, kau baru dapat memilih suvenir yang diharapkan. Harga suvenir benar-benar variatif. Arah Lifestyle sempat menanyakan terhadap sebagian vendor souvenir pernikahan yang ikut serta serta dalam pameran Indonesia Dream Wedding Festival di Jakarta Convention Center (JCC) akhir minggu kemarin. Fine Souvenir, semisal, menyediakan bermacam-macam tipe suvenir pernikahan dengan bentang harga Rp 4.000 sampai Rp 65.000. “Hitung budget-nya kaprah-kaprah berapa, paket kami telah komplit dengan packaging, cetak nama, “thank you” card, dengan harga murah klien juga dapat bisa suvenir berkesan,” kata koordinator marketing Fine Souvenir, Nissa.

Baca juga : Jual mug polos

2. Barang fungsional

Kita mungkin masih kerap menemukan suvenir pernikahan yang tak terang fungsinya atau sekedar pajangan. Pemilihan souvenir memang bertumpu pada selera tiap-tiap calon pengantin. Melainkan, dikala ini banyak calon pengantin yang terbukti mementingkan fungsi dari souvenir yang dipilihnya. “Kadang ada yang berharap berbeda, melainkan kebanyakan mencari barang apa sih yang berharap dikasih dan useful, sehingga tak terbuang,” kata Marketing Executive Ken’s Collection, Lusy. Salah satu souvenir yang paling banyak diorder di Ken’s Collection ialah tumbler atau botol minum. Kecuali dapat diterapkan untuk pergi kemana-mana, sebagian botol minum juga mempunyai kecakapan untuk menaruh air panas ataupun dingin lebih awet. Jangan lupa untuk menyesuaikan fungsi dengan skor pertama, ialah budget. Karena, souvenir seperti tumbler, semisal, punya harga yang cukup tinggi. “Tumbler mulai Rp 20 ribuan tergantung bahan. Jikalau gunakan tambahan packaging Rp 24 ribuan,” tuturnya.

3. Karakter tetamu undangan

Observasi kembali daftar tetamu undangan yang telah dibentuk. Kalau kau banyak mengundang orang-orang penting dan kelas atas, ada pantasnya seandainya kau memilih souvenir yang pantas. Ken’s Collection, semisal, menyediakan barang-barang premium. Salah satunya ialah satu set sisir import seharga sekitar Rp 40.000 per kotak. Menurutnya, sebagian souvenir premium punya tampilan yang lebih indah dan pantas serta memakai materi bahan yang bagus. “Seperti sisir ini kan materi bahannya bukan yang murah dan import. Memang mutunya beda,” sebut Lusy. Sementara Fine Souvenir menyediakan sebagian souvenir yang ramah lingkungan. Umpamanya sedotan stainless, satu set perlengkapan makan dari bahan serat gandum, atau sebagian suvenir unik seperti wewangian diffuser. Ukuran suvenir juga menjadi pertimbangan lainnya. Beberapa calon pengantin berharap souvenir yang cenderung gampang dibawa-bawa, tetapi beberapa lainnya berharap suvenir yang ukurannya cukup besar. Dikala memilih souvenir, kau juga perlu memastikan hal hal yang demikian. “Beda-beda selera. Pun ada klien yang berharap besar agar nampak lebih mahal. Padahal mahal melainkan kecil kan enggak nampak,” kata Nissa.

 

 

Terkait : Mug murah jakarta