Pada bangunan-bangunan komersial seperti perkantoran dan pertokoan, fasad bangunan mempunyai banyak peranan penting. Kecuali seharusnya tampil mempesona supaya menarik calon klien ataupun pembeli, fasad bangunan seharusnya tangguh menghadapi tangguh dan kuat. Salah satu material dinding luar atau fasad yang populer diterapkan yakni alumunium composite panel atau diketahui juga dengan singkatannya ACP.

Almunium composite panel material penutup atau finishing yang sesungguhnya bisa digunakan pada komponen interior ataupun eksterior bangunan. Material ini terdiri dari material inti yang dilapisi alumunium pada kedua sisinya. Material inti dari ACP bisa terbuat dari polyethylene core panel (PE) serta fire retardant core panel (FR). Perbedaannya yakni, pada FR thermoplastik diisi dengan mineral sehingga membikin ACP menjadi bendung api. Jika ACP jenis PE sesuai digunakan pada bangunan komersial bertingkat rendah seperti pergudangan dan pertokoan, bangunan bertingkat tinggi seperti gedung kantor dan apartemen seharusnya mengaplikasikan ACP Ragam FR.

Keunggulan Almunium Composite Panel (ACP)
Almunium Composite Panel atau ACP kian digemari sebab mempunyai banyak keunggulan. Sebagai material fasad, ACP sungguh-sungguh tangguh melindungi bangunan. Berikut beragam keunggulan dari material ACP:

Energi Bendung Tinggi
ACP mempunyai kekuatan bendung tinggi gelanggang cakap menghadapi benturan. Kecuali itu, ACP juga tangguh menghadapi serangan cuaca, cahaya UV, asam, garam, dan korosi. Permukaannya juga anti gores. Panel ACP juga bisa digunakan pada permukaan lengkung sebab material ini tak akan pecah sampai sudut kelengkungan tertentu.

Meskipun terbuat dari bahan alumunium, Anda tak perlu takut panel ACP mengalami karat. Panel ACP dilapisi dengan cat PVDF (popyester). Sebagian produsen memberikan jaminan sampai 10 tahun untuk penerapan pada dinding eksterior.

Ringan dan Gampang Dipasang
Muatan dari ACP kurang dari 6 kg per meter persegi untui ketebalan 4 mm. Muatannya yang ringan membikin material ini gampang dipasang sehingga pesat pelaksanaannya. Kecuali itu, pemotongan, pemangkasan, dan pengeboran panel ACP bisa dilaksanakan mengaplikasikan alat-alat yang simpel. Ukurannya juga tak terlalu lebar. Panel ACP berukuran 120 cm x 240 cm atau 160 cm x 240 cm sehingga pemasangan bisa dilaksanakan dengan gampang. Ketebalannya bervariasi mulai dari 1 mm sampai 10 mm.

Pemeliharaan Gampang
Pemilik bangunan juga suka material ACP sebab pemeliharaannya gampang. Sebagian produsen pun mengklaim bahwa ACP mempunyai kema puan self-cleaning sehingga tak perlu dibersihkan. Untuk zona-zona yang terkena polusi intens atau noda membandel, Anda bisa mengaplikasikan detergen umum untuk membersihkan ACP. Hal ini tentu akan menghemat tarif pemeliharaan dan operasional bangunan dalam waktu yang lama.

Banyak Opsi Warna
Kecuali warna metalik ala alumunium, ACP tersedia dalam bermacam warna opsi. Malah seandainya Anda mengorder panel ACP dalam jumlah banyak, Anda bisa mengorder warna-warna khusus. Anda bisa menyesuaikan pipihan warna dengan branding dari perusahaan atau harapan Anda.

 

  • Sumber Lainnya Yang Bisa Anda Kunjungi Juga : Harga ACP