Perawatan rutin secara terpola kendaraan bermotor dibutuhkan untuk menjaga keawetan bagian kendaraan supaya bisa dipakai lebih lama, termasuk sepeda motor. Sayangnya, tak sedikit pengguna sepeda motor yang kurang demikian itu mengamati kesehatan kendaraanya. Salah satu yang sering kali terlupakan yaitu merawat situasi rantai motor yang memerlukan pelumasan secara rutin. Keadaan hal yang demikian menggerakan sejumlah mahasiswa UGM mengoptimalkan sebuah alat yang sanggup melaksanakan pelumasan rantai sepeda motor secara otomatis. Mereka yaitu Saiful Afandi (Teknik Mesin), Azis Fajar (Teknik Mesin), Anindar Naufal (Teknik Industri), Bagas Eko (Elins), Firda Auliya (Teknik Industri).

Baca : Cairan pembersih karat

Alat yang dinamai Automatic Chain Lubrication (ACILATOR) dijadikan dengan memakai metode simpel. Pengaplikasian alat cukup dipasang pada sproket roda belakang sepeda motor dilengkapi dengan microcontroller dan bluetooth yang bisa diintegrasikan dengan software ACILATOR Application berbasis android. “Dengan demikian itu dapat melumasi rantai motor secara terpola layak dengan standar yang sudah ditentukan dan bisa dikendalikan ulang,” terang Saiful Afandi Kamis (25/6) di Kampus UGM. Saiful menyuarakan pengaplikasian alat ini tergolong gampang dan bisa dikendalikan sendiri sehingga bisa dipakai siapa saja. Bila alat ini sudah terpasang pada kendaraan karenanya pengguna akan diuntungkan dengan mempunyai usia rantai yang lebih lama sebab secara otomatis rantai akan terlumasi tanpa memerlukan tambahan energi untuk perawatan. “Pengaplikasian alat ini bisa mengurangi kemungkinan kerusakan dan dapat menjaga usia pengaplikasian rantai sepeda motor,” paparnya.

Ketika ini, pihaknya tengah melaksanakan uji untuk menetapkan kembali kelancaran alat dalam berprofesi. Pengecekan ulang dikerjakan pada perangkat keras ataupun perangkat lunak ACILATOR sehingga terintegrasi dengan bagus dan rapi. Dari hasil uji coba hal yang demikian menonjolkan hasil yang cukup bagus dan pengaplikasian ACILATOR telah lancar dipakai dalam mode manual ataupun otomatis yang dioperasikan dengan software. “Alat sudah siap, hanyak kurang kami rapikan sebagian komponen supaya lebih estetik,” tambah Anindar Naufal. Pemilihan aplikasi alat pada rantai sepeda motor sebagai contoh permulaan, kata Anindar, sebab elemen kemudahan dan bisa berprofesi dengan bagus pada ragam kendaraan ini. Kecuali dipakai pada rantai sepeda motor, kedepan ACILATOR diinginkan bisa dipakai pada metode lain yang memakai rantai. “Dapat dipakai untuk melumasi rantai pada kendaraan beroda empat, lift, eskalator, conveyor, backhoe dan lainnya yang termasuk sulit untuk melaksanakan pelumasan manual sebab perlu keahlian khusus untuk mengungkap dan memerlukan tarif besar untuk pengerjaan perawatan,” urainya.

 

Baca juga : Cairan pembersih serbaguna