Eksfoliasi bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga kulit Anda terlihat cerah dan sehat.

Lulur adalah cara yang populer untuk mengelupas kulit Anda, dan ada banyak jenis lulur yang dapat Anda pilih. Atau, Anda bisa membuat lulur sendiri menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di dapur Anda.

Apa manfaat lulur?

Eksfoliasi dengan lulur, atau dengan jenis produk lain seperti kuas atau loofah, dapat membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit Anda dengan beberapa cara.

Menurut American Academy of Dermatology, pengelupasan kulit dapat membuat kulit Anda tampak lebih cerah karena menghilangkan lapisan atas sel kulit mati. Ini juga dapat merangsang produksi kolagen, yang dapat membantu kulit Anda tetap kencang dan bercahaya.

Manfaat lain dari pengelupasan kulit adalah dapat meningkatkan kemanjuran perawatan topikal. Jika Anda mengelupas kulit Anda sebelum mengoleskan krim, misalnya, krim akan mampu meresap lebih dalam daripada menempel di permukaan. produk perawatan rambut

Selain itu, memijat kulit dengan lulur juga bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat rileks dan merasa lebih tenang, terutama jika Anda sedang lelah atau stres.

Seberapa sering Anda harus menggunakan lulur?

Sebaiknya jangan gunakan lulur pada kulit Anda setiap hari. Mengeksfoliasi kulit secara berlebihan dapat membuatnya kering, sensitif, dan iritasi.

Secara umum, pengelupasan kulit Anda aman dua hingga tiga kali seminggu. Jika kulit Anda kering dan sensitif, Anda mungkin ingin melakukan pengelupasan hanya seminggu sekali. Jika Anda memiliki masalah kulit, atau jika Anda tidak yakin seberapa sering Anda harus melakukan pengelupasan kulit, bicarakan dengan dokter kulit. produk personal care

Biasanya paling mudah untuk mengoleskan lulur saat mandi atau berendam. Pijat lembut lulur ke kulit Anda dengan gerakan melingkar dan bilas hingga bersih dengan air hangat.

Apa yang Anda butuhkan untuk membuat lulur sendiri?

Untuk membuat lulur tubuh sendiri, simpan barang-barang berikut ini:

  • sendok untuk pencampuran
  • mangkuk pengadukan
  • sendok atau cangkir takar
  • minyak pembawa atau minyak dasar, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak biji anggur, minyak almond, atau minyak zaitun
  • wadah tertutup untuk menyimpan scrub
  • beberapa tetes minyak esensial favorit Anda, jika diinginkan

Setelah Anda memiliki barang-barang tersebut, Anda dapat mencampur minyak dengan butiran pilihan Anda, seperti garam atau gula. Anda mungkin juga ingin menambahkan bahan lain yang bermanfaat bagi kulit Anda, seperti madu atau teh hijau, seperti yang dijelaskan dalam resep di bawah ini. lulur mandi

Lulur kopi

Ada beberapa bukti ilmiah bahwa kafein dapat membantu mengurangi munculnya selulit.

Sebuah studi 2011, Sumber Tepercaya menguji krim yang mengandung kafein dan bahan lain pada 78 peserta. Studi tersebut menemukan bahwa setelah 12 minggu penggunaan, partisipan yang menggunakan krim melihat penurunan yang signifikan pada tampilan selulit mereka. Sebuah studi klinis 2015Trusted Source yang melibatkan 15 subjek menemukan hasil yang serupa.

Namun, krim ini mengandung bahan lain, seperti retinol, jadi sulit untuk menentukan seberapa efektif kafein itu sendiri dalam membuat selulit kurang terlihat. creambath ginseng

Konon, kopi masih menjadi bahan populer untuk banyak lulur tubuh buatan sendiri. Butiran kecil ini lembut di kulit, namun tetap efektif menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit. Dan siapa yang tidak bisa menahan aroma secangkir kopi?

Bahan
1/2 cangkir bubuk kopi
2 sdm. air panas
1 sendok teh. minyak kelapa, hangatkan
Petunjuk arah
Tambahkan bubuk kopi dan air panas ke dalam mangkuk pengaduk. Aduk rata dengan sendok.
Tambahkan minyak kelapa. Jika perlu, tambahkan lebih banyak bubuk kopi atau lebih banyak minyak untuk mendapatkan konsistensi yang tepat.
Jika Anda sudah puas dengan konsistensinya, masukkan campuran ke dalam wadah.

Dengan lulur buatan sendiri, penting untuk mendapatkan konsistensi yang tepat. Anda tidak ingin terlalu encer, yang dapat membuat Anda sulit untuk disendok ke tangan Anda, tetapi Anda juga tidak ingin terlalu rapuh.

Berikut adalah beberapa jenis lulur DIY terpopuler yang bermanfaat bagi kulit Anda dan mudah dibuat.

Lulur gula merah

Gula merah adalah bahan yang murah dan mudah didapat yang juga berfungsi baik untuk pengelupasan kulit Anda. creambath avocado

Gula merah lebih lembut di kulit daripada garam laut atau garam Epsom. Ini menjadikannya bahan yang ideal untuk kulit sensitif. Butiran gula mungkin membuat kulit Anda terasa lengket, jadi pastikan untuk membilasnya dengan bersih setelah Anda melakukan pengelupasan.

Bahan
1/2 cangkir gula merah
1/2 cangkir minyak pilihan Anda, seperti kelapa, jojoba, zaitun, almond, atau biji anggur
minyak esensial (opsional)
Petunjuk arah
Campurkan gula merah dan minyak dalam mangkuk pengaduk.
Aduk rata. Jika perlu, tambahkan lebih banyak gula atau minyak untuk mendapatkan konsistensi yang tepat.
Jika mau, tambahkan satu atau dua tetes minyak esensial favorit Anda, dan aduk ke dalam campuran.
Jika sudah puas dengan konsistensi dan keharuman lulur Anda, masukkan ke dalam wadah.

Lulur garam laut

Garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu untuk beberapa kondisi kulit. Garam juga merupakan pengawet, sehingga lulur garam laut akan mampu mengawetkan dirinya secara alami.

Gunakan garam laut bubuk, karena garam laut yang kasar bisa terlalu keras untuk kulit Anda. Lulur garam laut mungkin terlalu abrasif untuk kulit sensitif. Juga, berhati-hatilah jika ada luka di kulit Anda karena garam bisa menyengat. creambath kemiri

Karena garam tidak memiliki wewangian, Anda mungkin ingin menambahkan minyak esensial favorit Anda ke scrub garam buatan sendiri.

Bahan
1/2 cangkir garam laut
1/2 cangkir minyak pilihan Anda
minyak esensial (opsional)
Petunjuk arah
Campurkan garam laut dan minyak dalam mangkuk pengaduk.
Aduk rata. Jika perlu, tambahkan lebih banyak garam atau minyak untuk mendapatkan konsistensi yang tepat.
Jika mau, tambahkan satu atau dua tetes minyak esensial favorit Anda dan aduk ke dalam campuran.
Setelah Anda puas dengan konsistensi dan keharuman lulur Anda, masukkan ke dalam wadah.

Lulur gula teh hijau

Kaya akan sifat antioksidan dan anti-inflamasi, teh hijau dapat bermanfaat bagi kulit Anda dalam beberapa cara.

Selain itu, menurut studyTrusted Source tahun 2013, kosmetik yang mengandung teh hijau dapat mengurangi kerusakan kulit akibat kerusakan akibat sinar matahari.

Teh hijau dapat dengan mudah ditambahkan ke lulur buatan sendiri bersama dengan bahan-bahan bergizi lainnya.

Bahan
2 teh hijau teh celup
1/2 cangkir air panas
1 cangkir gula merah
1/4 cangkir minyak kelapa, lelehkan
Petunjuk arah
Tambahkan kantong teh ke air panas. Biarkan teh terendam hingga dingin.
Saat teh mendingin, tambahkan gula merah ke dalam mangkuk.
Tambahkan minyak kelapa dan aduk rata dengan gula.
Setelah teh dingin, tambahkan ke dalam campuran gula. Teh harus dingin agar gula tidak larut.
Jika campuran terlalu rapuh, tambahkan lebih banyak minyak kelapa. Jika terlalu basah, tambahkan lebih banyak gula merah.
Setelah Anda mencapai konsistensi yang diinginkan, masukkan lulur ke dalam wadah.

Lulur gula madu

ResearchTrusted Source menunjukkan bahwa madu memiliki sifat antibakteri. Menurut ulasan 2016, madu juga memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang dapat membantu berbagai kondisi kulit.

Madu tidak hanya membantu memperbaiki jaringan kulit dan melindungi dari kerusakan akibat sinar UV, tetapi juga membantu membunuh kuman di kulit.

Madu dapat dengan mudah dikombinasikan dengan butiran dan minyak untuk membuat lulur yang menutrisi kulit. Setelah memijat lulur ke kulit Anda, pastikan untuk membilas kulit Anda secara menyeluruh untuk mencegah lengket.

Bahan
1/2 cangkir gula merah
1/4 cangkir minyak kelapa, lelehkan
2 sdm. madu
Petunjuk arah
Tambahkan gula merah, minyak kelapa, dan madu ke dalam mangkuk pengaduk.
Aduk semua bahan secara menyeluruh, dan tambahkan lebih banyak minyak kelapa jika terlalu rapuh.
Setelah Anda mencapai konsistensi yang diinginkan, masukkan lulur ke dalam wadah.
Tips Keamanan
Lulur buatan sendiri ini hanya untuk digunakan pada tubuh Anda, bukan wajah Anda. Kulit di wajah Anda lebih sensitif daripada kulit di bagian tubuh lainnya.

Hindari pengelupasan kulit yaitu:

terjemur
pecah-pecah atau pecah
merah atau bengkak
pulih dari kulit kimia
Jika Anda ingin menambahkan minyak esensial ke lulur, lakukan uji tempel dengan minyak yang diencerkan pada kulit Anda terlebih dahulu untuk memastikan Anda tidak alergi terhadap minyak tersebut.

Jika Anda memiliki kulit sensitif atau kulit yang sangat kering, bicarakan dengan dokter atau dokter kulit Anda untuk mengetahui apakah pengelupasan dengan lulur tepat untuk Anda.

 

Mengapa memilih Paper Cups for Office Beverages?